Minggu, 21 Februari 2010

Rumus Matematika Untuk Kesuksesan Sebuah Film

. Minggu, 21 Februari 2010

Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan, kebanyakan para pembuat film blockbuster modern mengikuti rumus matematika untuk meyakinkan mereka bisa menarik perhatian penonton.
Hal ini membuktikan bahwa kunci keberhasilan mereka tidak pada aktor yang membintangi film tersebut atau yang lainnya, melainkan lama sorotan kamera dan berulang secara teratur.
Dari hasil penelitian ilmuwan yang berasal dari Cornell University di New York, yang dilakukan pada 150 film Hollywood antara tahun 1935 sampai 2005 dan berasal dari beberapa genre film.
Ditemukan bahwa kebanyakan film-film terbaru memiliki ciri khas yang sama, yaitu terdapat pola pengulangan tertentu pada lama sorotan kamera yang teratur di sepanjang film. Hasil ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan pada 1990an, dimana didapatkan kesimpulan pemotongan informasi, dan pola pengulangan dapat menarik perhatian pemirsa. Dengan kata lain, pola seperti ini dapat membuat penonton sulit melepaskan perhatiannya dari layar kaca.
"Pembuat film mahir dalam membuat sebuah kontruksi sorotan kamera, sehingga lama waktu sorotan kamera dapat menarik perhatian kita," kata pemimpin penelitian Prof. James Cutting.
James juga mengungkapkan, irama lama sorotan kamera dalam suatu film dibuat untuk membuat irama perhatian dan informasi yang diambil penonton.
Dalam penelitian ini ditemukan pula dua seri film Star Wars, merupakan film yang paling sempurna mengikuti rumus matematika. (Sumber T.O.Z)

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Follow us on Twitter
 
{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com