Minggu, 24 Januari 2010

Bentuk Bumi 600 Juta Tahun Lalu

. Minggu, 24 Januari 2010

Teleskop Hubble menangkap sebuah citra yang memperlihatkan terbentuknya sebuah planet.
Citra tersebut menggambarkan semesta sekitar 600 juta tahun lalu setelah peristiwa ledakan besar yang disebut dengan Big Bang. Ilmuwan menilai, sampai saat ini citra tersebut citra terlengkap yang menggambarkan planet saat pertama kali terbentuk.
Pada citra tersebut nampak sebuah galaksi yang dikelilingi bintang yang berumur jutaan tahun, yang kemudian menjadi kelompok bintang pertama. Galaksi yang masih muda tersebut belum memiliki bentuk seperti lonjong atau spiral. Ukurannya masih kecil dan berwarna biru.
"Hal itu dikarenakan pada tahap awal belum terlalu banyak mengandung logam berat," ujar Astronom dari University of California, Garth Illingworth.
"Kami melihat galaksi yang sangat kecil. Mirip sebuah benih yang kemudian menjadi galaksi besar di masa sekarang", tambah Illingworth.
Hingga tahun lalu Hubble milik NASA diperbaiki dan diperbaharui, masa terlampau semesta yang bisa dilihat para Astronom adalah 900 juta tahun sesudah terjadinya Big Bang.
Hubble dianggap sangat membantu menetapkan usia alam sekitar 13,7 miliar tahun yang lalu. Penetapan ini pada akhirnya menuntaskan perdebatan ilmiah tentang usia semesta alam (Sumber T.O.Z)

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Follow us on Twitter
 
{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com