Jumat, 22 Januari 2010

NASA Temukan 5 Planet Baru

. Jumat, 22 Januari 2010

Teleskop Kepler NASA menemukan 5 buah exoplanet baru. Exoplanet merupakan planet yang mengorbit bintang selain matahari diluar sistem tata surya. 5 planet yang ditemukan tersebut diberi kode 4b, 5b, 6b, 7b, dan 8b. Menurut NASA, dengan penemuan 5 planet tersebut agaknya menjadi bukti bahwa teleskop kepler merupakan alat canggih untuk menemukan planet lain yang mirip dengan Bumi. NASA pun percaya bahwa teleskop tersebut dapat mencapai target dalam bidang sains.
Misi Kepler NASA sejak 6 maret tahun lalu dirancang untuk mengamati lebih dari 150.000 bintang untuk menemukan planet sama dengan Bumi. NASA menjelaskan misi Kepler pada akhirnya memiliki tujuan untuk apakah kita benar-benar sendiri di galaksi ini.
"Kami memperkirakan planet-planet yang sama besarnya dengan Jupiter tersebut menjadi planet pertama yang ditemukan Kepler. Kita hanya tinggal menunggu waktu hingga Kepler menemukan planet lain yang lebih kecil dengan periode orbit lebih lama. Hal itu membawa kita semakin mendekati penemuan planet mirip bumi", kata kepala Astrofisika NASA Jon Morse.
5 planet yang dinamakan 'hot jupiter' tersebut memiliki ukuran Neptunus atau lebih besar dari Jupiter. Waktu orbit mereka sekitar 3,3-4,9 hari dengan suhu 26.000 derajat Fahrenheit. Ini berarti, planet ini tak bisa dihuni karna suhunya terlalu panas.
Kepler merupakan alat canggih NASA untuk mengidentifikasi planet dengan mengukur tingkat kecerahan cahaya yang dipantulkan oleh bintang (Sumber T.O.Z).

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Follow us on Twitter
 
{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com