Kamis, 21 Januari 2010

Lari Pagi Dapat Tingkatkan Kinerja Otak

. Kamis, 21 Januari 2010

Meluangkan waktu untuk melakukan lari pagi di pagi hari, dinilai mampu meningkatkan pertumbuhan dan daya kerja otak. Orang yang sering jogging memiliki daya ingat yang lebih kuat daripada orang yang jarang olahraga.
Jogging sebaiknya dilakukan minimal 2 kali dalam seminggu. Hail ini berdasarkan pada studi
yang dilakukan Cambridge University di Amerika Serikat.
Studi yang dilakukan atas kerjasama dengan US National Institute tersebut mengatakan, ratusan ribu sel otak baru yang berhubungan dengan memori otak. Karna itulah, lari pagi dapat mengurangi resiko kepikunan pada lansia.
"Kita mengetahui bahwa olahraga memang baik untuk menjaga fungsi otak, dan kami ingin menunjukkan lebih detail tentang mekanisme kinerja otak", kata Timothy Bussey, seorang Neuroscientist di Cambridge University.
Penelitian ini menggunakan tikus sebagai bahan percobaan. Tikus dibagi dalam dua kelompok, kelompok pertama diuji dengan berlari sejauh 24 km/hari. Sedangkan yang kedua tidak melakukan apapun.
Tikus tersebut kemudian diuji untuk menemukan makanan, penilaian dilakukan dengan melihat gerakan hidung tikus. Makanan tersebut diletakkan di sebelah kiri. Dan hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa tikus yang sering berlari menggerakkan hidungnya pertama kali ke arah kiri/arah makanan, sedangkan tikus yang tak berlari menggerakkan hidungnya arah yang salah/ke kanan.(Sumber T.O.Z)

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Follow us on Twitter
 
{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com